TEORI TERBENTUKNYA NEGARA

Posted: November 3, 2011 in Politik

NAMA            : ANDI ZULKIFLI DAIDO

NIM                : E12111275

TEORI TERBENTUKNYA NEGARA

  1. Teori hukum alam. Pemikiran pada masa plato dan aristoteles kondisi alam tumbuhnya manusia berkembangnya negara.
  2. Teori  kontrak Sosial menjelaskan bahwa terbentuknya negara adalah karena anggota masyarakat mengadakan kontrak sosial untuk membentuk negara. Dalam teori ini, sumber kewenangan adalah masyarakat itu sendiri.
  3. Teori Hukum Murni. Menurut Hans Kelsen, negara adalah suatu kesatuan tata hukum yang bersifatmemaksa. Setiap orang harus taat dan tunduk. Kehendak negara adalah kehendak hukum. Negara identik dengan hokum
  4. Teori Hukum Alam. Para penganut teori hukum alam menganggap adanya hukum yang berlaku abadi dan universal (tidak berubah, berlaku di setiap waktu dan tempat). Hukum alam bukanbuatan negara, melainkan hukum yang berlaku menurut kehendak alam.
  5. Teori Modern. Teori modern menitikberatkan fakta dan sudut pandangan tertentu untuk memeroleh kesimpulan tentang asal mula, hakikat dan bentuk negara.
  6. Teori kenyataan.Menganggap bahwa jika sudah terpenuhi syarat-syarat atau unsur-unsur nrgara,maka secara kenyataan Negara itu sydah terbentuk.
  7. Teori ketuhanan.Menganggap bahwa Negara itu ada karena kehendak tuhan .tidak sesuatu yang dapat terjadi tanpa di muka bumi tanpa interpensi dan kehendak tuhan.
  8. Teori perjanjian.Menganggap bahwa Negara itu terbebtuk berdasarkan perjanjian bersama,baik antara orang-orang  yang sepakat mendirikan suatu Negara maupun antara penjajah dengan yang di jajah.
  9. Teori penaklukan.Menganggap bahwa Negara itu timbul karena serombongan manusia menundukkan serombongan manusia  lain,kemudian membentuk Negara.
  10. Teori kekuatan .Menganggap bahwa Negara timbul karena serombongan manusia mengalahkan rombongan manusia lain.
  11. Teori organis .Menganggap bahwa Negara itu dianggap sebagai manusia,dimana pemerintah adalah tulang,undang-undang dianggap sebagai syaraf,kepala Negara dianggap srbagai kepala,dan masyarakat  dianggap sebagai daging.berangkat dari pandangan ini berarti Negara dipersonifikasiakn dengan manusia yang memepunyai bagian-bagian tubuh.bagian-bagian tubuh itu saling brhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan.
  12. Teori kadaluarsa.Menganggap bahwa Negara itu terbentuk karena memang dari awal raja adalah berkuasa (diterima atau ditolak),tetapi kekuasaan raja sudah kadalursa sehingga kekuasaan itu menjadi hak milik atau kebiasaan yang membudaya.
  13. Teori alamiah Beranggapan bahwa Negara itu adalah ciptaan alam,ia tumbuh dan berkembang secara alami.
  14. Teori filosofis.Menganggap bahwa Negara itu diciptakan atas dasar Negara perenungan-perenungan filosofis tentang Negara.karena itu Negara diyakini memang sudah selayaknya ada.
  15. Teori  historis.Menganggap bahwa Negara itu adalah lembaga-lembaga kenegaraan yang tidak sengaja dibuat,tetapi tumbuh secara evolusioner,sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan situasi dan kondisi  ruang dan waktu manusia.
  1. Pendudukan (Occupatie). Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, kemudian diduduki dan dikuasai.Misalnya, Liberia yang diduduki budak-budak Negro yang dimerdekakan tahun 1847.
  2. Peleburan (Fusi). Hal ini terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur atau bersatu menjadi Negara yang baru.Misalnya terbentuknya Federasi Jerman tahun 1871.
  3. Penyerahan (Cessie).Hal ini terjadi Ketika suatu Wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu.Misalnya,Wilayah Sleeswijk pada Perang Dunia I diserahkan oleh Austria kepada Prusia,(Jerman).
  4. Penaikan (Accesie). Hal ini terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan Lumpur Sungai atau dari dasar Laut (Delta).Kemudian di wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah Negara. Misalnya wilayah negara Mesir yang terbentuk dari Delta Sungai Nil.
  5. Pengumuman (Proklamasi). Hal ini terjadi karena suatu daerah yang pernah menjadi daerah jajahan ditinggalkan begitu saja. Sehingga penduduk daerah tersebut bisa mengumumkan kemerdekaannya. Contahnya, Indonesia yang pernah di tinggalkan Jepang karena pada saat itu jepang dibom oleh Amerika di daerah Hiroshima dan Nagasaki.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s