Kekayaan ada pada Pengusaha dan Birokrat

Posted: November 3, 2011 in Motivasi

 

            “Pada zaman China kuno dahulu terdapat seorang pedagang sutra yang sangat terkenal. Bahkan, hampir semua daratan China mengenal pedagang besar ini sebagai pedagang yang sukses. Pedagang ini mampu menguasai perdagangan sutra yang berada di hampir sebagian besar daratan China. Namun, pada suatu hari pedagang China ini mulai merasa bahwa kekuatan yang dimilikinya masih belum cukup luas, kemudian dia berfikir untuk bagaimana menghasilkan penghasilan yang lebih banyak lagi.
Dia kemudian berfikir untuk menjual seluruh hartanya dan mencoba mencari suatu kekuasaan. Dan akhirnya dia mulai mendapatkan cara. Dan cara itu adalah bagaimana agar dia mampu masuk ke dalam pemrintahan. Bermodalkan berbagai jaringan yang telah dimilikinya selama sebagai pedagang ditambah modal dana yang dimilikinya, dia mulai mencari cara agar dapat menjadi Kaisar atau minimal Kepala Wilayah di Negeri China. Dan setelah mengikuti pemilihan Kepala Wilayah di Negeri China, akhirnya dia terpilih sebagai Kepala Wilayah. Setelah itu dia mulai merintis Bidang Usaha sutranya lagi, namun dia tidak hanya mengembangkan sutra saja, namun berbagai bentuk usaha lainnya. Bermodalkan kekuatan sebagai Kepala Wilayah yang dimilikinya sekarang, dia mulai memonopoli semua usaha di daerahnya. Hampir semua tender yang ada di daerahnya selalu di usahakannya agar dia yang mengolahnya. Kemudian dia menyebarkan bidang usahanya tidak hanya di China saja, namun mulai merambah ke wilayah asia lainnya. Dan pada akhirnya dia tidak hanya terkenal sebagai Kepala Wilayah saja, namun juga sebagai pedagang yang sukses karena kecerdasannya.”

 

Cerita diatas adalah cerita yang pernah saya baca dari salah satu buku tentang motivasi. Judul bukunya saya sudah sedikit lupa. Namun kalau tidak salah buku itu berisi tentang puluhan cerita dari Negeri China yang bercerita tentang rahasia-rahasia mereka. Kemudian setelah membaca cerita itu saya mulai berfikir, bahwa hal itu betul juga. Dalam kehidupan ini kita tidak hanya dihadapi oleh suatu kekuatan namun juga kekuasaan. Sangat banyak orang yang kaya raya karena memiliki salah satu dari kedua hal itu. Seperti Pengusaha atau Birokrat.
Kita ambil contoh yaitu seorang Bill Gates yang kaya karena usaha yang dirintisnya. Kemudian kita juga dapat melihat beberapa Presiden di dunia yang memiliki kekayaan yang tidak “sedikit” juga. Namun karena mereka pejabat, mereka tidak menghadapi suatu pengecekan kekayaan yang seketat pengusaha. Bahkan beberapa birokrat itu memiliki kekayaan yang mungkin bisa menjadikan mereka orang terkaya di dunia. Kita ambil saja contoh Mantan Presiden kita, yaitu Soeharto. Selain itu juga ada Mantan Presiden Libya Moammar Khadaffi, atau Mantan Presiden Tunisia yaitu Ben Ali. Mereka adalah beberapa Birokrat yang memiliki harta yang cukup “mengerikan”.
Selain itu kita juga dapat melihat sesuatu yang lebih baik lagi jika Kekuatan dan Kekuasaan dapat digabungkan. Kita ambil contoh Keluarga Bakrie yang terkanal cukup mapan bukan hanya sebagai pengusaha saja, namun juga sebagai Birokrat di Negeri ini. Bahkan kita sering mendapati bahwa kekayaan mereka lebih berkembang dan maju lagi.

Berdasarkan pengamatan yang sering saya lihat, saya mulai berfikir bahwa sebenarnya jika ingin kaya itu paling mudah jika kita berani untuk menjadi Pengusaha atau Birokrat. Karena dengan begitu kita bisa memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk mencari uang tersebut dengan cara yang lebih mudah. Dan terkadang cerita ini sedikit memotivasi saya sendiri dalam menempuh pendidikan di Sekolah Kader Birokrat seperti Prodi Ilmu Pemerintahan UNHAS ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s