Kambing Etawa

Posted: November 3, 2011 in Kewirausahaan
Bagi anda yang belum mengenal bisnis ternak Kambing Etawa, tentu cukup kaget dengan harga anakan Kambing Etawa berumur 4 bulan yang ditawarkan 4 juta rupiah! Ini bukan mengada-ada atau harga yang muluk-muluk. Memang demikian adanya Kambing Etawa memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kambing jenis lainnya. Anakan Kambing Etawa dengan kualitas bagus memiliki harga yang tinggi , bahkan indukan yang berkualitas bagus bisa berharga sampai 25 juta! mahal menurut standard harga kambing umum. Tidak heran dengan harga yang demikian menggiurkan membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis ternak kambing etawa. Denganmodel dan biaya pemeliharaan yang sama dengan kambing lain tetapi beternak kambing etawa bisa  menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Kambing Etawa
Desa Donorejo, Kecamatan  Kaligesing, Kabupaten Purworejo merupakan sentra peternakan Kambing Etawa. Kambing etawa merupakan hasil kawin silang antara kambing  Etawa dari India dan kambing lokal Kaligesing. Maka kemudian Kambing-kambing Etawa di Kaligesing dikenal dengan Kambing PE (Peranakan Etawa). Saat ini Kambing Peranakan Etawa Kaligesing telah menyebar ke berbagai daerah tidak hanya di  Purworejo saja tetapi di daerah-daerah lain juga bahkan hingga Malaysia. Hasil dari beternak Kambing Etawa sendiri bisa bermacam-macam, antara lain daging (meski sebagian orang beternak Etawa hanya sebagai “Klangenan” atau hewan peliharaan), susu kambing etawa dan pupuk kandang dari kotoran dan sisa-sisa makanan kambing etawa. Hasil sampingan inilah yang bisa menjadi nilai tambah keuntungan bisnis ternak kambing etawa.
BETERNAK KAMBING ETAWA
Beternak Kambing Etawa boleh dibilang tidak sulit, hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalahperencanaan yang matang. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis ini, daripersiapan, perencanaan, pelaksanaan, produksi, hingga evaluasi. Persiapan meliputi persiapan tempat/kandang kambing etawa yang strategis dan tepat, pemilihan bibit/indukan yang bagus. Persiapan yang tidak kalah penting adalah persiapan pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk beternak kambing etawa . Makanan untuk Kambing Etawa boleh dibilang tidak jauh berbeda dengan kambing jenis lain dari jenis daun-daunan dan rumput. Selain mengandalkan makanan yang ada di sekitar Kaligesing, peternak kambing etawa disana juga menanam secara khusus beberapa tanaman untuk makanan Kambing etawa. Hal ini dilakukan untuk mempermudah peternak jika jumlah kambing sangat banyak.Yang tidak kalah penting adalah perawatan kebersihan kandang dan kambing etawa. Kandang kambing perlu dibersihkan secara periodik dan kambing etawa perlu dimandikan jika dirasa perlu.
Model Kandang Kambing Etawa
MODEL TERNAK ETAWA

Model peternakan Kambing Etawa di Kaligesing sendiri bermacam-macam ada yang dipelihara dan dirawat sendiri oleh pemiliknya ada juga yang menggunakan sistem gaduh. Pemilik kambing menyerahkan urusan pemeliharaan kepada seseorang, jika sudah beranak anakan kambing etawa dibagi dua antara pemilik dan penggaduh. Alternatif kedua ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang memiliki kesibukan dan tidak memiliki waktu untuk memelihara kambing etawa. Cara ini bisa dibilang sebagai upaya untuk menabung/berinvestasi bagi pemilik modal. Model Gaduh ini yang juga ditempuh oleh Mas Totok, pemuda kreatif yang juga seorang pengusaha dari desa tersebut. Total Kambing Etawa yang beliau miliki sekarang ini sudah lebih 100 ekor. Sebuah angka yang cukup banyak sebagai usaha sampingan. Jika anda tertarik untuk menekuni bisnis kambing etawa bisa berdiskusi dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Mas Totok yang telah mempublish ternakan kambing etawa di Internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s