10 Langkah Merintis Karier dalam PNS

Posted: November 3, 2011 in Motivasi

Maaf klo saya sedikit berani membuat topik ini,karena saya pribadi aja belum dapat karier atau pekerjaan yang pasti. Tapi saya optimis akhir pendidikan saya nanti pasti PNS itu udah di tangan saya. Dan dari beberapa buku yang sempat saya baca, saya sering membaca bagaimana tuk menjadi Pribadi yang sukses dalam meraih prestasi dalam merintis karier kelak, palagi untuk seorang Pegawai Negeri Sipil, terutama di Lingkungan Kementrian Dalam Negeri, dimana kita harus selalu berani untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas.Dan gak bisa dipungkiri bahwa image seorang PNS itu yang paling mudah ditemui adalah PNS yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

Dalam bahasan kali ini saya akan coba membagi dalam 10 hal. Yaitu :

1. Nilailah Diri Sendiri


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Apalagi di dunia pekerjaan seorang PNS, yang hampir setiap hari selalu dapat dinilai masyarakat luas.Penilaian itu harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambillah kertas, kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut. Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri. Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek mana yang perlu ditingkatkan. Sebagai contoh kita memiliki kelebihan dalam mudah bergaul dalam masyarakat, namun kita memiliki kekurangan yaitu berat untuk mempercayai orang, bahkan kita terkesan pamali kepada orang yang kita temui sehari-hari. Melalui penilaian diri sendiri ini maka, kita akan bisa sedikit mengubah sifat curiga kita kepada orang lain untuk kebaikan kinerja kita di masa depan.

2. Terus Belajar


Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus. Apalagi melihat perkembangan teknologi dan sifat demokratis yang ditunjukan oleh masyarakat yang tergambar dari semakin ramainya terjadi demonstrasi-demonstrasi yang sering berujung kepada keributan. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan profesional. Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan dan kelemahan proses yang Anda ikuti, dan seterusnya. Dengan demikian, Anda akan mampu menjalankan semua tugas Anda dengan baik, saat ini dan di masa datang. Dan yang paling penting kita jangan takut untuk melakukan berbagai pekerjaan. Walaupun pekerjaan itu hanya sekedar mengantar surat atau bersih-bersih. Karena tidak menutup kemungkinan dari hal-hal kecil itu, seorang pimpinan dapat menilai anda dan memberikan harapan untuk kinerja profesionalitas anda di masa depan.

3. Be Responsible

Meskipun berada dalam naungan sebuah Kementrian atau Pemerintahan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk mengikuti training, seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin jaya. Dan dari skill yang semakin jaya itu, maka pimpinan dalam pemerintahan tersebut akan membantu proses perkembangan karier anda. Dan anda juga jangan malas kalau misalnya ada undangan diklat atau kursus yang ada di Pemerintahan anda, anda jangan takut atau bahkan terkesan menolak undangan itu, bahkan sebaliknya anda harus berusaha untuk ikut, walaupun diklat yang anda ikuti itu hanya sekedar “Table Manner”, namun mungkin dari diklat yang sekecil itu, bisa saja pimpinan menilai kinerja anda.

4. Jaga Kinerja

Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu menerima tugas. Dan jangan takut untuk bersaing dengan siapapun dalam menunjukan kinerja anda, bahkan jika anda bisa mengerjakannya tanpa dikomandoi, mungkin itu akan mendapat nilai plus sendiri bagi atasan, karena hampir semua atasan pasti selalu tidak ingin repot.

5. Jaga Hubungan Kerja

Meski tampaknya tak terkait langsung dengan skill, menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif. Gunakan semua contoh dan teori profesional yang Anda punya untuk meningkatkan kinerja. Jika memungkinkan, jadikan diri Anda sebagai salah satu contoh bagi rekan kerja. Dan usahakan jangan membuat sifat kepemimpinan anda seperti “Gaya Kepemimpinan Kodok” yang pernah saya bahas sebelumnya, dimana di dalam gaya tersebut kita bertindak seperti penjilat kepada atasan, membunuh teman selevel dan tidak mempedulikan bawahan kita. Ingat, kita ini hidup sosial, jadi jangan terlalu bersikap apatis, lebih baik anda menjauh dari komunitas yang tidak anda sukai, daripada anda bersifat apatis namun anda tidak mau menjauh dari komunitas itu.

6. Ciptakan Jaringan

Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetapi bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika Anda seorang akuntan atau tamatan akuntansi sewaktu kuliah dulu, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari. Karena tidak menutup kemungkinan karier sebagai PNS itu akan berhenti atau mungkin anda menundurkan diri karena mungkin sudah merasa jenuh, dan ketika saat itu tiba, maka anda tidak akan terlalu repot untuk meyelami dunia pekerjaan yang lain, karena jaringan anda sudah cukup kuat.

7. Carilah Mentor

Cara terbaik menguasai sebuah bidang adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya “berguru” kepada penulis favorit Anda melalui buku-buku karyanya. Secara tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Tapi, bisa juga Anda langsung meminta petunjuk dari ahli yang Anda kenal. Yang penting, Anda yakin bahwa “guru” Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Kalau perlu anda dapat melihat CV dari mentor anda tersebut, mungkin dari CV itu anda dapat mempelajari pada saat apa saja anda dapat meniru tindakan-tindakannya dalam mengembangkan dirinya.

8. Siapkan Masa Depan

Selalulah bertanya, “Apa yang akan terjadi besok? Bagaimana mengatasinya?” Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan. Dan anda juga bisa membuat suatu buku saku di saku buku anda, yang berisi apa saja yang akan anda lakukan, apa saja tugas yang menanti, dan apa saja yang anda perlukan. Karena tidak bisa dipungkiri, manusia pasti memiliki sifat lupa dan tidak sediki

9. Asah Terus Skill Anda

Sekarang ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan, pelatihan program komputer, pelatihan leadership, dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan. Biasanya ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keragu-raguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.

10. Jangan Lupakan Teknologi

Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, Anda bisa misalnya, “berteman” dengan jago komunikasi atau mungkin dosen-dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi yang ada, jika Anda berniat mempelajari belajar kepemimpinan, Anda bisa bergabung dengan Komunitas Mario Teguh, dan sebagainya. Dan begitu juga jika anda ingin memperdalam ilmu tentang birokrasi, anda dapat mencari sekian banyak teman atau obrolan yang ada di dunia maya yang sangat banyak jumlahnya.Bahkan jika anda mulai mencoba untuk beralih ke jalur Fungsional, maka anda juga dapat mencari bahan-bahan yang dapat anda pelajari atau pecahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s