POP3 dan IMAP

Posted: Oktober 28, 2011 in TIK

Email client atau disebut dengan Mail User Agent (MUA) merupakan aplikasi yang dijalankan pada PC yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan mengorganisasi email. Disebut dengan klien karena sistem email tersebut didasarkan pada arsitektur klien server. Email client memungkinkan penggunanya dapat melakukan aktivitas surat menyurat elektronik walaupun dalam keadaan tidak terhubung dengan internet. Untuk dapat menjalankannya, diperlukan program email client, seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

Kebanyakan email client mendukung dua protokol email, POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Pengguna mungkin memilih salah satu antara POP dan IMAP untuk email client mereka, namun yang disarankan adalah dengan menggunakan IMAP dan konfigurasi dokumentasi yang hanya mendukung protokol IMAP ini. Perbedaan antara kedua protocol ini akan dibahas dibawah ini.

Protokol POP dibuat untuk orang yang mengakses email mereka hanya menggunakan satu mesin. Ketika terkoneksi dengan email server, POP biasanya akan mendownload semua pesan di lokal mesin, kecuali jika dikonfigurasikan tidak untuk melakukannya, oleh sebab itu, akan menghapus pesan dari sistem email anda. POP berguna bagi email system yang memberikan pengguna tempat penyimpanan yang sangat terbatas untuk email dan tidak akan mungkin pengguna bisa mendownload semua pesan dalam waktu yang sama.

IMAP dibuat agar meninggalkan duplikat email di email server, dan membolehkan pengguna memeriksa pesannya dari berbagai lokasi. Ketika pengguna mengecek email mereka, hanya header pesan yang awalnya di download, isi pesan dapat di download bila pengguna membuka pesan khusus.

Karena IMAP client tidak mendownload keseluruhan pesan pada awalnya, protokol ini sangat baik bagi para pengguna yang koneksi internetnya tidak baik. Juga, karena pesan ditinggalkan di email server, ada kemungkinan jika pesan terhapus secara tidak sengaja bisa kembali karena adanya pesan yang tersimpan di server ( tidak seperti POP yang tidak menawarkan window yang besar untuk menyimpan pesan, yang waktu antara menerima pesan dan pemindahan sangat kecil).

Kedua protokol memperbolehkan pengguna untuk mengatur pesan ke dalam folder. Folder POP disimpan di lokal mesin secara lokal dan dibatasi ruang penyimpanannya di lokal mesin. Folder IMAP walaupun dibatasi oleh quota-quota penyimpanan menawarkan portabilitas yang sangat baik, bisa tersedia dari client apapun yang bisa mengakses email tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s