Efektifitas Komunikasi

Posted: Oktober 27, 2011 in TIK

Pada saat berkomunikasi, sebenarnya pada saat itu terjadi proses pertukaran data (data adalah suatu fakta yang dalam kondisi tertentu bisa menjadi suatu bentuk informasi). Pertukaran data yang terjadi itu, bisa dalam lingkup lokal (face to face) atau pun interlokal (dipisahkan oleh jarak).

Dalam dunia komputer, komunikasi data dapat diartikan sebagai pertukaran data (dalam hal ini berupa informasi biner berbentuk angka 0 dan 1) yang terjadi antara dua alat (komputer) melalui media transmisi tertentu (misal: kabel jaringan).

Seberapa efektif komunikasi data yang terjadi antara dua alat tersebut, pada dasarnya dapat dilihat dari tiga hal berikut:

  1. Dalam hal pengiriman data (delivery). Sistem komputer (kolaborasi hardware dan software) harus memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke tujuan yang diinginkan. Bayangkan jika kemampuan ini sangat rendah, informasi yang seharusnya diterima pengguna di komputer B malah diterima oleh komputer C.
  2. Dalam hal kesesuaian data (accuracy). Data yang diterima harus tepat sesuai dengan data yang dikirim. Data yang terpotong selama proses pengiriman, akan menjadi tidak berguna karena tidak dapat dibaca (corrupt).
  3. Kecepatan pengiriman dan penerimaan data (timeliness). Sistem yang digunakan untuk melakukan proses pengiriman data, harus memperhatikan prinsip ketepatan waktu. Semakin cepat dikirim akan semakin baik sebab data yang dikirim terlambat akan menjadi tidak berguna. Sebagai contoh pada kasus real-time transmission, yaitu kasus pengiriman data video, audio, atau voice. Waktu pengiriman yang dimaksud pada kasus ini adalah bagaimana sistem memiliki kemampuan untuk mengirimkan data pada saat yang sama setelah menerima permintaan pengiriman data. Kalaupun ada waktu delay antara permintaan dan pengiriman, waktunya diupayakan seminimal mungkin (tidak terlalu signifikan).

Tiga hal di atas (delivery, accuracy, dan timeliness) yang kemudian mendasari pengembangan teknologi, khususnya dalam hal komunikasi data.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s